Sunday, September 20, 2015

(GAMBAR) Melawat Kilang Membuat Kiswah Kaabah di Mekah





Setahun sekali, sehari sebelum hari raya Idul Adha, kain penutup kaabah di Mekah, yang disebut Kiswah akan diturunkan dan diganti dengan yang baru. Kain Kiswah lama ini kemudian akan dibahagi-bahagikan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kepada pemimpin-pemimpin negara Islam.


Kegunaan Kiswah ini adalah untuk melindungi kaabah dari cuaca panas matahari ekstrem yang biasa melanda wilayah Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Perkara ini dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad lagi.

Pada masa lalu, kain Kiswah ini dibuat di Mesir. Namun pada 1927, Raja Abdul Aziz Al Saud memerintahkan agar Kiswah dibuat di Mekah. Maka sebuah kilang kiswah telah dibangunkan di daerah Umm Al-Jude.


Kos yang diperlukan untuk membuat Kiswah baru adalah 17 juta Riyal. Setiap Kiswah memiliki dimensi luas 658 meter persegi, dan untuk membuatnya memerlukan sebanyak 670 Kg sutera. Juga digunakan sebanyak 15 Kg benang emas untuk membuat sulaman pada Kiswah tersebut. Kain Kiswah ini dibuat oleh para buruh kilang dengan menggunakan mesin yang modern.











(Arabnews, Al Arabiya, The Muslim Times)

Entri-Entri Berkaitan.....

10 comments:

  1. ukiran kaligrafi dari benang yang sangat indah sekali

    ReplyDelete
  2. ukiran kaligrafi yang sangat indah sekali

    ReplyDelete
  3. Kaligrafi yang bagus, namun kelihatannya membutuhkan waktu yang lama untuk membuat kaligrafi tersebut

    ReplyDelete
  4. ukiran kaligrafi yang sangat indah sekali

    ReplyDelete
  5. When you're tired, you want to relax after a stressful working hours, you need to have time to take care of the kids active.
    Please visit our website and play exciting flash games.
    Thanks you for sharing!
    Friv 4

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails